Munafik

Pada zaman sekarang ini memang sangat sulit untuk mendapat pekerjaan dan tidak sedikit orang yang menginginkan sesuatu agar bisa mendapatkannya dia tidak berfikir jernih bahkan sampai membuat orang lain menjadi rugi. Karena itu orang mu’min yang  selalu sadar dan selalu memperhatikan ajaran-ajaran agamanya, dan menjauhi laranggannya tidak merasa  takut akan kekurangan nya, karena mereka selalu mengharap dan meminta kepada Allah SWT dan juga senantiasa berusaha sekuat mungkin untuk mendapatkan sesuatu dengan cara jujur dan tidak akan membuat orang lain merugi. Orang mu’min yang sadar akan ajaran-ajaran agamanya mereka tidak akan menghasut atau  berdusta untuk mendapatkan sesuatu untuk dirinya.

Tetapi berbeda dengan orang munafik, biasanya manusia yang memiliki sifat ini, biasanya dia pandai berdusta atau suka berbohong, bila berjanji selalu tidak menepati, dan bila diberi kepercayaan selalu berkhianat. itulah ciri-ciri orang munafik bila mana ada salah satu yang memiliki sifat ini maka bisa menjadi orang yang munafik , contoh nya

Ciri-ciri orang munafik pertama berbohong: berbohong adalah mengucapkan sesuatu yang tidak benar kepada orang lain, jadi apa bila kita jujur kepada orang lain itu bisa dikatakan dan memiliki sifat munafik.

Ciri-ciri yang kedua  ingkar janji: bisannya seseorang yang suka membuat perjanjian dan orang itu tidak mengikuti perjanjian tersebut, maka orang juga di sebut ingkar janji atau bisa disebut munafik.

Ciri-ciri yang ketiga khianat: sifat ini yang paling berbahaya atau bisa dikatakan yang paling berat, seseorang yang diberi kepercayaan tapi di salah gunakan untuk kepentingan sendiri dan sifat ini menyebabkan bisa di pidana, oleh karena itu berkhianat itu bisa dikucilkan dan dijauhi teman-teman.

Rosullulah saw. Ditanya tentang orang munafik dan orang mukmin , lalu beliau menjawab,” orang mukmin kegemarannya adalah solat dan puasa. Sedangkan orang munafik kegemarannya adalah makan dan minum seperti binatang, serta meninggalkan ibadah dan solat. Orang mukmin menyibukkan diri bersedekah dan mohon ampunan. Sedang orang munafik menyibukkan diri dengan ketamakan dan angan-angan. Orang mukmin tidak mengharap apa yang ada di tangan orang lain melainkan mengharap apa yang ada di tangan Allah. Sedangkan orang munafik berharap kepada setiap orang,tetapi tidak kepada Allah. Orang mukmin mengutamakan agamanya dari pada hartanya,sedang orang munafik mengutamakan hartanya dari pada agamanya. Orang mikmin merasa tentram kepada setiap orang kecuali kepada Allah. Sedang orang munafik takut kepada setiap orang kecuali kepada Allah. Orang mukmin berbuat baik dan menangis, sedangkan orang munafik berbuat jahat ddan tertawa. Orang mukmin menyukai kesendirian dan pengasingan diri, sedangkan orang munafik menyukai pergaulan dan keramaian. Orang mukmin bercocok tanam dan takut akan kerusakan. Sedangkan orang munafik  mencabuti tanaman dan mengharap panenan. Orang mukmin memerintah dan melarang berdasarkan agama dan melakukan perbaikan. Sedangkan orang munafik memerintah dan melarang karena mengharap kedudukan dan membuat kerusakan.Bahkan ia memerintah kemungkaran dan mencegah kebaikan, sebagaimana firman Allah SWT. “Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain sama saja. Mereka mennyuruh membuat yang salah dan melarang membuat kebaikan. Mereka menggenggamkan tangan orang ; mereka melupakan Allah. Oleh karena itu Allah melipakan mereka. Sesungguhnya orang-orang  munafik itu adalah orang-orang yang jahat. Allah menjanjikan bagi orang-orang munafik  laki-laki dan perempuan, dan orang-orang yang tidak beriman itu neraka jahanam. Mereka kekal di dalamnya.pembalasan itu cukup buat mereka. Allah mengutuki mereka dan mereka mendapat siksaan yang abadi.” (QS at-Tawbah{9}:67-68).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *