Sifat sabar

Barang siapa ingin selamat dari azab Allah, dan memperoleh rahmat-Nya serta masuk dalam syurga-Nya, maka hendaklah ia menahan diri nya dari keinginan kepada keduniaan, hendaklah bersabar atas kesengsaraan dan bencana dalam kehidupan dalam dunia. Allah SWT berfifman: “Allah menyukai orang-orang yang sabar”. (QS Ali-Imran {3}:146).

Sabar adalah sifat yang diwajibkan oleh Allah dan senantiasa akan mendapat pahala. Allah telah berjanji bahwa orang yang memiliki sifat ini akan di hapuskan dosanya, dan akan mendapat kebaikan atasnya,serta menjadikan dirinya lebih dekat kepada Allah SWT. Tetapi pada zaman ini kesabaran hanyalah di bibir saja banyak orang yang mengatakan sabar, bila mana ada seorang kerabatnya kena musibah, itu adalah kata-kata yang baik untuk kita berikan kepada orang yang mendapat cobaan dalam hidup, kata sabar amatlah mudah bila hanya di bibir saja akan tetapi sangat sulit bila kita lakukan dan apa lagi pada orang yang sering marah-marah dan orang kurang sabar, memang sangat tidak mudah untuk memiliki sifat ini apalagi untuk orang yang baru ingin belajar untuk sabar, karena faktor pekerjaan misalnya seorang bawahan kepada atasan dan atasan kepada bawahan karena merasa takut akan kehilangan pekerjaan.

Dalam hal kehidupan memang kita harus bisa dan harus bersabar karena kesabaran itu akan mendatangkan ke sehatan dan juga akan selalu menjadi contoh bagi orang lain untuk ingin melakukan bagi orang yang mau berfikir.

Sabar bila di timpa musibah atau bencana seperti ditinggal oleh orang yang kita cintai, dan di beri penyakit, dan sabar bila menghadapi kesusahan. Di dalam sebuah hadits di sebutkan bahwa Nabi saw . bersabda “ apabila seorang hamba menderita sakit, Allah mengutus dua malaikat kepadanya”. Dengan demikian semoga kita tetap menjadi orang yang di kasihi di sisi-Nya serta menjadi orang yang sabar .

Allah sendiri telah bersumpah : “Demi waktu, sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati agar menegakkan kebenaran dan nasihat menasihati untuk bersabar” (QS : 103).

Tidak akan merugi di dunia dan di akhirat bagi orang-orang yang mengamalkan kebaikan salah satunya dengan kita bersabar karena bersabar aadah sesuatu yang di wajibkan oleh setiap orang yang berakal.

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu, dan tetaplah siap siaga dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung” (QS, 3:2).

Kesabaran itu memang tidak mudah tapi kesabaran itu mendatangkan keberuntungan untuk mereka yang memilikinya. Sabar terhadap dunia itu merupakan amat sangat sulit, akan tetapi bagi orang yang senantiasa mengutamakan akhiratnya akan selalu senantiara dan berusaha untuk bisa dapat dan  berlomba-lomba memiliki sifat sabar.dan berlomba-lomba untuk berbuat baik.

“Sifat-sifat baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar” (QS 41:35).

Semoga kita menjadi orang yang diberi anugerah oleh Allah SWT. Akan kesabaran untuk menjadi orang yang di kehendaki memiliki jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT. Dan semoga kita menjadi orang yang beruntung dalam dunia dan akhirat, bermacam-macam cara dan bentuk kerabaran itu dalam kehidupan ini. Misalnya sabarmenerima musibah, sabar dan tidak mengeluh dalam menghadapinya,bersabar ketika ada yang meninggal,bersabar ketika menghadapi kesulitan, semoga kita dalam perlindungan ALLah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *