Sifat sombong

Sombong adalah suatu sifat yang sangat tercela dan dapat merugikan diri sendiri , juga dapat menjauhkan diri  dengan Allah SWT. Bagi seorang  muslim yang taat beragama dan jujur sadar akan  petunjuk ajarannya, tidak akan pernah meresa sombong, justru sifat itu harus di musnahkan dalam diri setiap orang muslim. Karena sombong merupakan sifat yang amat tidak disukai Allah, dan juga dan pasti akan dijauhi oleh teman-temannya , karena sifat sombong itu merupakan sifat manusia yang menganggap dirinya itu lebih hebat dan juga merasa lebih berharga, lebih mulia, lebih terhormat, lebih kuasa, lebih kuat, dan merasa dirinya lebih gagah, lebih pandai dari orang lain lebih tinggi kedudukan nya dari orang lain sehingga bisa berbuat seenaknya atau semena- mena, tanpa menyadari telah melukai perasaan orang lain.

Akibat sifat sombong  merasa diri lebih hebat dari orang lain maka timbullah berbagai macam kejahatan yang menurutnya tidak akan ada yang melarang, sebab orang lain dianggap hina dan lemah, dan akibat yang akan di timbukkan dari sifat ini adalah tidak bisa menerima kebenaran .

Orang-orang yang benar-benar merenungi ajaran- ajaran agamanya dan petunjuk-petunjuk Rosullulah , akan senantiasa  untuk mencabut akar-akar kesombongan dalam diri jiwanya. Dan mengajak orang muslim lainnya untuk tidak berbuat itu, yaitu bisa dengan mengingat siapa dirikita dihadapan Allah dan selalu mendengarkan ceramah atau siraman qolbu yang ada, supaya dalam jiwanya tidak di masuki  benih-benih kesombongan meskipun sebesar biji sawi yang di tiupkan oleh syaitan, sebagai mana yang telah di terangkan dalam sabda Rosullulah saw, “ tidak akan masuk surga orang  yang dalam hatinya terdapat  sebesar biji Zarrah kesombongan. Lalu seseorang berkata: “Sesungguhnya orang laki-laki senang  agar pakaian dan sendalnya bagus. Maka beliau pun bersabda: “ Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Kesombongan itu menolak kebenaran dan menghinakan orang lain.” (HR.Muslim).

Orang yang sombong itu terdapat tiga sasaran yaitu:

  1. Sombong pada Allah SWT. Yaitu: tidak sama sekali memperhatikan ancaman-ancaman Allah, dan peraturan-peraturan Allah di anggap suatu hal yang remah dan enteng, dan tidak di amalkan sama sekali
  2. Sombong kepada Rosullulah saw yaitu: tidak menginddahkan sama sekali  terhadap atura dan ajaran Rosullulah saw. Bahkan menganggap Rosullulah itu sebagai manusia biasa yang tidak perlu di perhatikan ucapan dan segala tinddakannya.
  3. Sombong kepada sesama manusia yaitu: manusia yang lain di anggap hina dan rendah dan tidak perlu di hormati dan bila perlu dia yang harus di hormati.

Hal tersebut  di terangkan dalam sabdanya Rosullulah saw. yang artinya sebagai berikut: “ ada tiga orang yang tidak akan di ajak bicara oleh Allah pada hari kiamat kelak, tidak di sucikan dan tidak di pandang . dan bagi mereka siksa yang amat pedih, yaitu: kakek-kakek yang berbuat zina,raja yang suka dusta, dan orang miskin yang sombong”.  (HR. Imam Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *